Berkembangan pesat Teknologi Informatika semakin maju.




System Requirement

Sistem aplikasi ini dibuat untuk melengkapi media informasi perusahaan. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mewawancarai pihak perusahaan mengenai aplikasi yang akan dibangun dengan permasalahan yang ada di perusahaan tersebut,


sehingga menghasilkan rumusan isi produk. Tahap berikutnya memilih perangkat komputer (perangkat keras dan lunak) untuk digunakan. Selain itu juga memastikan pengguna akhir yang menggunakan aplikasi ini.


Dalam tahap ini kita akan
mendistribusikan produk multimedia ini kepada masyarakat berupa file dengan format exe. File ini dapat berjalan sendiri tanpa bantuan aplikasi lain dan dapat dijalankan di dalam komputer menggunakan bantuan CD (Compact Disc) dengan bantuan alat input/output.\
esign Consideration


Struktur navigasi yang digunakan adalah navigasi nonlinear (Vaughan, 2004). Pengguna bebas melihat isi proyek tanpa ada rute yang harus diikuti. Hal ini memudahkan pengguna dalam melihat isi proyek dan menjadikan pengguna lebih fun dengan metode ini.


Selengkapnya dapat kita lihat pada Gambar 3 Struktur Navigasi dibawah ini:
Gambar 3 Struktur Navigasi.
Dalam aplikasi ini terdapat bagian intro yang berisi lembaran-lembaran kertas yang tersusun rapi menjadi sebuah buku. Pada bagian intro terdapat tulisan PT X dan motto perusahaan. Jika ditekan enter maka akan masuk ke intro kedua dan langsung ke halaman utama. Halaman deskripsi menu utama dapat dilihat seperti pada Tabel 1.


Dalam aplikasi ini juga disediakan icon exit untuk keluar. Jika icon tersebut ditekan maka akan muncul tampilan untuk keluar. Pada tampilan keluar terlihat tampilan untuk meyakinkan user untuk keluar atau tidak.


Jika dipilih Yes maka akan muncul animasi yang berlawanan dengan intro, lembaran-lembaran kertas yang membentuk buku akan hilang satu persatu, demikian juga dengan navigasi dan tampilan background-nya. Jika dipilih No, maka akan kembali ke halaman utama. Dalam aplikasi ini ada enam informasi berupa navigasi yang akan disampaikan. Informasinya adalah sebagai Tabel 1 berikut:


Menu : Deskripsi

Home : Menu ini menampilkan selayang pandang tentang PT X

Profile : Menu ini menampilkan Sejarah, Visi dan Misi, dan juga menampilkan tentang struktur organisasi perusahaan

Gallery : Menu ini menampilkan tentang aktivitas dan fasilitas yang dimiliki oleh X

Product : Menu ini menampilkan sebagian gambar produk-produk dari X

Map Manu : ini menampilkan tentang lokasi X

Contact ; Menu ini menampilkan layanan-layanan yang disediakan X. Informasi yang disediakan adalah Nomor telepon, website dan email.



Sumber  :  Trisna SitompoeL blogger.

      


EmoticonEmoticon