Analisis Kelemahan Dan Kelebihan Seminar Kelas



KATA PENGANTAR

            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat serta hidayah-Nyalah sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Makalah ini membahas tentang, “Seminar” yang merupakan pembahasan dalam mata kuliah “Seminar Kelas

Terimakasih, atas arahan dan bantuan dari Ibu  Nur Nisah Musliha M.Pd sebagai Dosen Pembimbing mata kuliah “Seminar ” dan semua pihak yang telah membantu kami menyelesaikan makalah ini.

Penulis berharap, makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, dalam hal ini dapat menambah wawasan kita mengenai pengembangan alenia/paragraf khususnya bagi penulis. Penulis minta maaf jika ada

di dalam penyusunan makalah ini masih terdapat kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran yang membanngun, penulis harapkan untuk kesempurnaan makalah, agar dapat melalukan perbaikan semoga apa yang anda berikan mendapat balasan dari Allah S.W.T. amin.




                                                                                                Lubuklinggau,                2016

                                                                                                 Penulis



                                                                  DAFTAR ISI

Kata Pengantar................................................................................................................................................i
Daftar Isi...........................................................................................................................................................ii


BAB IPENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ……………………………………………………….................................……..4
B.     Rumusan Masalah .…………………………………………………………...................................................................... 5
C.     Tujuan  …………………….………………………………………………. ...............................5


BAB II SEMINAR
A.    Pengertian Seminar………………………………………………...........................................................................6
B.     Beberapa Definisi Seminar Lain Mengenai Seminar………………………....................................  11
C.     Penggunaan Seminar………………………………………………………...............................................................12
D.    Kelebihan Seminar …………………………………………………………..................................12
E.     Kelemahan Seminar………………………….....…………………………...................................13
F.      Unsur-Unsur Yang Ada Dalam Seminar...................................................................................................................................................13


BAB III PENUTUP 
A.    Simpulan…………………………………………………………….....................................................17
B.     Saran……………………………………………………………..........................................................17


DAFTAR PUSTAKA


                                                                           BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

                                   Pada dasarnya seminar tidak ada bedanya dengan diskusi, seminar dengan maksud memecahkan   masalah yang ada dan diangkat pada kegiatan seminar.Seminar adalah kegiatan saling tukar pemikiran diantara peserta dan peserta atau peserta dan penyaji. Dalam seminar yang jelas timbul kegiatan debat diantara    penyaji dan peserta yang sama-sama mempertahankan pendapatnya yang sudah dianggap benar oleh dirinya.Seminar pada umumnya merupakan kegiatan akademis, baik di uneversitas maupun yang dilaksanakan di setiap organisasasi formal.

Sebab, seminar pada hakikatnya sebuah kegiatan yang dibentuk secara formal serta melibatkan penyaji dan peserta   harus ada dalam kegiatan seminar.Kata seminar berasal dari bahasa Latin, seminarum yang berarti “Tanah tempat menanam benih” artinya seminar merupakan sebuah wadah untuk mendapatkan dan 


        menambah ilmu. Karena dalam kegiatan seminar akan banyak pemikiran-pemikiran baru yang akan dilontarkan    oleh    para   peserta maupun penyaji seminar. Seminar bisa dikatakan kegiatan dialog yang melibatkan moderator kemudian diajukan kepada penyaji, sehingga akan menimbulkan beberapa asumsi yang berkaitan dengan tema pada saat seminar.

              Seminar di beberapa universitas Eropa merupakan kegiatan kuliah yang dilakukan oleh mahasiswa atas, dengan penyaji yang sudah masyhur, dengan kata lain penyaji yang menyampaikan pendapatnya sudah dikenal banyak orang tentang pengetahuan atau ilmu yang dimilikinya. Seminar mempunyai tata cara sendiri 

                           meskipun dari segi lain tidak ada bedanya dengan diskusi. Seminar mempunyai unsur-unsur yang bisa menunjang terhadap jalannya seminar, sehingga akan terasa rancu dan tidak berjalan jika salah satu unsur tidak ada. Kegiatan seminar ini akan menimbulkan banyak manfaat, baik secara teoritis maupun secara praktis.

                  Karena ilmu atau pengetahuan akan kita dapat di banyak tempat bukan hanya di bangku sekolah yang berbentuk formal. Seminar menjadi sebuah kajian yang secara praktis membutuhkan pengetahuan yang cukup dan luas, apalagi bagi para penyaji.Seminar biasanya seringkali dilakukan oleh mahasiswa, sebab 


                 sebagai mahasiswa pada hakikatnya memamg harus lebih sering tampil dari pada hanya menungu di kelas saat mata kuliah berlangsung. Seminar sangatlah kental dengan aturan dan tatanan baik bahasa yang digunakan ataupun tempat yang akan disediakan demi kebutuhan berlangsungnya kegiatan seminar. Seminar akan melibatkan peserta dan penyaji yang akan menyampaikan materi atau tema yang diangkatnya.




B. Rumusan Masalah
Pada pembahasan makalah ini banyak problem-problem yang menjadi rumusan masalah, namun dari beberapa rumusan masalah yang ada, penulis hanya mengangkat dua rumusan masalah yang akan diurai pada pembahasan makalah ini. Dari rumusan masalah tersebut, diantaranya:
1. Apa arti dari seminar itu sendiri dan apa manfaatnya?
2. Apa saja unsur-unsur yang ada dalam seminar?


C. Tujuan
Hal ini, untuk mengetahui pengertian dari seminar seminar, dan Unsur-unsur dalam seminar, serta manfaat dari kegiatan seminar yang seringkali dilaksanakan.





BAB II
SEMINAR
A.    Pengertian Seminar

Kata seminar berasal dari kata Latin semin yang berarti “benih”. Jadi, seminar berarti “ tempat benih-benih kebijaksanaan”. Seminar merupakan pertemuan ilmiah yang dengan sistematis mempelajari suatu topik khusus di bawah pimpinan seorang ahli dan berwenang dalam bidang tersebut.Seminar merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli).Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing.

Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah.Masalah yang dibahas di dalam suatu seminar dapat mencakup berbagai bidang disiplin ilmu atau berbagai kegiatan di dalam kehidupan masyarakat.Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya.Seminar tentang pemasaran suatu produk, tentu dihadiri oleh para pakar bidang pemasaran.Seminar pendidikan tentu saja dihadiri oleh para ahli pendidikan.

Sementara itu, peserta berperan untuk menyampaikan pertanyaan, ulasan, dan pembahasan sehingga menghasilkan pemahaman tentang suatu masalah.Pelaksanaan persidangan dalam seminar biasanya dipimpin oleh seorang pemandu dan dibantu oleh seorang atau beberapa orang sekretaris.Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal.

Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan (di universitas, kelas-kelas seminar biasanya disediakan untuk mahasiswa yang telah mencapai tingkatan atas).Sistem seminar memiliki gagasan untuk lebih mendekatkan mahasiswa kepada topik yang dibicarakan. Di beberapa seminar dilakukan juga pertanyaan dan debat, seminar memiliki sifat lebih informal dibandingkan sistem kuliah di kelas dalam sebuah pengajaran akademis.Biasanya sebuah seminar berbentuk instruksi akademik, baik di lembaga akademis atau ditawarkan oleh organisasi komersial atau profesional.

Sekarang, sistem seminar yaitu untuk membiasakan siswa / mahasiswa untuk mengenali lebih luas metodologi subjek yang mereka pilih dan juga untuk memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan contoh-contoh dari masalah-masalah praktis yang selalu terjadi selama penelitian. Seminar ini merupakan sarana yang cocok di mana pembahasan suatu topik / tugas dibahas di depan umum, pertanyaan dapat diangkat dan debat dapat dilakukan. Hal ini relatif informal, setidaknya dibandingkan dengan sistem kuliah instruksi akademik.

Adapun yang terlibat dalam seminar adalah :
1.      Ruang seminar
2.      Pengarah
3.      Peserta
4.      Moderator
5.      Notulen
6.      Jalannya seminar

1.   Ruang Seminar
Ruang seminar yang memadai adalah sebuah ruang yang memungkinkan interaksi aktif bagi selurah orang yng aktif mengikuti seminar.Sebuah meja bundar besar meliputi kursi adalah sebuah contoh yang baik atau bentuk forum dilokal juga baik.Ruangan tentu saja harus cukup tenang dan cukup terang untuk memberikan iklim yang enak untuk mengadakan kegiatan seminar pendidikan.Adanya sebuah papan tulis yang dapat membantu serta sarana dan prasarana lainnya yang dapat mendukung kegiatan seminar berlangsung.

2.    Pengarah
Dalam kegiatan seminar proposal pendidikan juga sangat dibutuhkan seorang pengarah yang memiliki fungsi sebagai orang yang dapat menengahkan pendapat antara peserta dan peyaji tentunya pengarah disini adalah orang yang benar-benar ahli dalam pendidikan. Pengarah adalah ahli yang memiliki kompetensi pendidikan sehingga dalam kegiatan seminar semua permasalahan yang ada dan tidak dapat di pecahkan dapat diselesaikan oleh seorang pengarah, sehingga tujuan seminar dapat terlaksana dengan baik tanpa melenceng dari isi karya ilmiah penyaji, berbeda dengan seminar yang secara umum tentunya tidak ada pengarah hanya penyaji saja yang dapat menjawab dari beberapa kritikan dari peserta. Pengarah dapat berbicara dan memberikan pendapat setelah selesai karya ilmiah disajikan dan kritikan dari peserta, boleh juga berbicara di tengah berjalannya kegiatan namun dengan alasan sesuatu hal yang memang sangat penting disampaikan ketika ada permasalahan tentang isi karya ilmiah.

3.    Peserta
Untuk berjalannya sebuah seminar dengan baik, semua peserta adalah bukan kertas kosong yang menunggu diisi, seperti halnya kuliah. Mereka harus sudah membaca tentang tema yang akan diseminarkan. Mereka bisa membuat sebuah esei pendek tentang tema yang diseminarkan.Bila yang diseminarkan adalah sebuah teks, teks tersebut telah dibaca secara analitis, ditandai, disertai tanggapan dan kritik. Dengan terlebih dahulu membaca tentang tema yang akan diseminarkan, mereka telah mengolahnya di dalam kepala mereka. Mereka telah memiliki bayangan akan apa yang diseminarkan. Kertas di tangan yang berisi ringkasan tema yang diseminarkan menurut masing-masing peserta, akan memandu mereka nantinya di dalam seminar.

4.    Moderator
Seorang moderator di dalam seminar berbeda dengan seorang lektor di dalam kuliah.Ia bukanlah seorang yang memberikan pelajaran, melainkan orang yang mengarahkan jalannya seminar.Semestinyalah seorang moderator adalah orang yang paling senior dalam tema yang akan diseminarkan. Ini bukan berarti pendapatnyalah yang paling benar. Senioritas dalam penguasaan materi semata-mata untuk mengarahkan seminar, karena ia mestinya yang paling tahu tentang seluk beluk tema yang diseminarkan. Peran seorang moderator ada dua: mengarahkan (directing) dan memoderasi (moderating). Dalam mengarahkan, ia menjaga agar seminar tidak melenceng dari tema. Dengan memoderasi, ia menjaga agar tidak ada satu orang 

                                   atau satu ide tertentu yang terlalu mendominasi seminar sehingga seluruh tema seminar tidak tereksplorasi dengan baik. Sebelum seminar, seorang moderator harus telah membaca tema yang akan diseminarkan, menyiapkan catatan tentang tema tersebut, menentukan kata-kata kunci, dan menyusun 


                  pertanyaan-pertanyaan kunci yang nantinya akan ditanyakan di dalam seminar. Di awal seminar ia dapat menuliskan terlebih dahulu poin-poin yang akan didiskusikan atau menggambarkan sebuah diagram yang mencerminkan ide yang akan didiskusikan.Seorang moderator yang baik haruslah seorang pendengar 


      dan pembicara yang baik. Ia mampu menangkap maksud sebuah pembicaraan dan membuatnya lebih jelas. Ia mampu memparafrasekan sebuah pertanyaan menjadi pertanyaan lain yang lebih jelas. Mengingat 

beratnya tugas seorang moderator, sebaiknya seorang moderator tidak memimpin sebuah seminar lebih dari satu kali dalam sehari.

5.    Notulen
Notulen adalah orang yang diberi tugas dalam seminar untuk membuat catatan singkat tentang jalannya persidangan/ rapat/ seminar juga merangkum isi secara tertulis dari persidangan/ rapat atau seminar.Seorang notulen juga sangat berfungsi dalam kegiatan ilmiah sebab moderator sebagai pengelola kegiatan butuh catatan penting tentang jalannya kegiatan. Pada kebiasaannya tempat notulen berdekatan dengan moderator sehingga ketika berjalan kegiatan tidak terjadi miss communication ( kurang komunikasi ) antara notulen dengan moderator, dalam hal ini notulen tidak saja menulis dari awal kegiatan namun sampai dengan berakhirnya kegiatan notulen juga berkewajiban menulis jalannya kegiatan.

6.    Jalannya Seminar
Seminar dimulai dengan pengantar singkat dari moderator, dan langsung dilanjutkan dengan pertanyaan kunci yang dibahas oleh semua peserta secara bergiliran.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya seminar berjalan baik :
a)      Seminar adalah sebuah diskusi dua arah. Tidak ada seorang yang lebih mendominasi pembicaraan.Adalah tugas moderator untuk memperhatikan ini.

b)      Seminar bisa dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan yang sudah jelas ada jawabannya, lalu mengarah ke pertanyaan-pertanyaan lain yang lebih dalam dan tidak jelas jawabannya. Pertanyaan jenis kedualah yang memberikan manfaat terbesar.Tidaklah banyak pertanyaan yang seperti demikian.

c)      Semua pertanyaan dan pernyataan dinyatakan dengan jelas tanpa ambiguitas. Jika sebuah pertanyaan atau pernyataan belum jelas, moderator harus bisa menunjukkan itu dan meminta sang pengujar untuk memperjelasnya.

d)     Masih berhubungan dengan poin pertama, setiap pertanyaan haruslah jelas sebelum ditanggapi dengan jawaban. Penanggap berhak meminta penjelasan lebih lanjut atas pertanyaan sebelum ia menjawab. Tanggapan tentunya juga harus relevan dengan pernyataan.Moderator juga harus memperhatikan ini.

e)      Sebuah pertanyaan bisa dilihat sebagai jembatan kepada pertanyaan lain yang lebihmendasar. Hanya dengan cara demikian sebuah seminar dapat memberikan manfaat lebih.

f)       Bila ada istilah yang sama, tetapi dipakai dengan arti yang berbeda oleh beberapa orang,moderator harus menunjukkan itu dan membuat kesepakatan dalam arti apa istilah itu dipakai sebelum melanjutkan seminar.

g)      Etiket harus diperhatikan dalam sebuah seminar, seperti halnya di sebuah meja makan.Bahasa harus santun dan tidak merendahkan. Moderator terlebih harus memberikan contoh yang dapat diikuti oleh peserta yang lain. Bukan berarti seminar tidak bisa dilakukan dengan ringan dan diiringi tawa, namun canda dan tawa dilakukan dengan wajar dan memberi makna di dalam seminar.Tidak ada yang lebih membantu untuk mengingat ketimbang ide-ide kreatif yang kadang membangkitkan tawa.

h)      Seminar adalah sebuah tempat untuk menggodok ide. Ia bukanlah tempat untukmembenarkan diri. Setiap orang harus kritis namun menerima bila ada pendapat yang lebih baik. Di dalam seminar semua orang memiliki posisi yang sama.

i)        Sebuah seminar yang baik tidaklah harus menghasilkan sebuah kesimpulan tunggal.

j)        Setiap orang bisa pulang dengan pendapatnya masing-masing.Yang terpenting adalah mata mereka lebih terbuka, mereka telah melihat ide-ide baru yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh mereka.

B. Beberapa Definisi Seminar Lain Mengenai Seminar

1.      Pemecahan Masalah
Seminar merupakan suatu kegiatan pemecahan masalah pada tema tertentu yang telah ditetapkan yang melibatkan para pakar, biasanya dari perguruan tinggi sebagai pembawa makalah atau pembanding/penyanggah.

2.      Pembahasan Studi Kasus atau Topik Tertentu
Seminar adalah kegiatan yang diadakan dalam rangka membahas suatu kasus atau suatu topik tertentu, yang biasanya diikuti banyak peserta, dipimpin oleh seorang yang ahli didalam bidang yang dipelajarinya, sehingga seminar tersebut berfungsi memberikan kesempatan diskusi kepada para pesertanya dan menstimulasi partisipasi anggota kelompok menjadi aktif

3.      Pertemuan Mahasiswa Bidang Keilmuwan Tertentu
Seminar merupakan pertemuan sejumlah mahasiswa pereguruan tinggi bidang keilmuwan tertentu dibawah pimpinan mahaguru yang bersangkutan.

4.      Pertemuan SekelompokAhli
Seminar adalah pertemuan sekelompok ahli atau pakar yang sedang mengkaji kebenaran hasil penelitian ilmiah di masyarakat di luar kalangan perguruan tinggi.

5.      Pembahasan Hasil Penelitian Ilmiah
Seminar merupakan pembahasan ilmiah ( hasil penelitian ) yang dipimpin oleh seorang atau beberapa ahli, dan dihadiri oleh beberapa penyanggah.

C. Penggunaan Seminar
Seminar akan efektif bila:

1. Tersedia waktu yang cukup untuk membahas persoalan.
2. Problema sudah dirumuskan dengan jelas.
3. Para peserta dapat diajak berfikir logis.
4. Problema memerlukan pemecahan yang sistematis.
5. Problema akan dipecahkan secara menyeluruh.
6. Pimpmnan sidang cukup terampil dalam mcnggunakan metode ini.
7. Kelompok tidak terlalu besar sehingga memungkinkan setiap peserta mengambil bagian dalam berpendapat.

D. Kelebihan Seminar
1. Membangkitkan pemikiran yang logis.
2. Mendorong pada analisa menyeluruh.
3. Prosedurnya dapat diterapkan untuk berbagai jenis problema.
4. Membangkitkan tingkat konsentrasi yang tinggi pada diri peserta.
5. Meningkatkan keterampilan dalam mengenal problema.

E. Kelemahan Seminar
1. Membutuhkan banyak waktu.
2. Memerlukan pimpinan yang terampil.
3. Sulit dipakai bila kelompok terlalu besar.
4. Mengharuskan setiap anggota kelornpok untuk mempelajari terlebih dahulu.
5. Mungkin perlu dilanjutkan pada diskusi yang lain.

F. Unsur-Unsur Yang Ada Dalam Seminar
Seminar bukanlah hanya sebatas tukar pemikiran kemudian selesai, tapi banyak hal yang perlu diperhatikan terhadap kegiatan seminar.Ada beberapa unsur yang mendukung berjalannya kegiatan seminar. Unsur tersebut melibatkan tiga unsur, diantaranya:

1.      Unsur Manusia
Unsur manusia yang meliputi pemandu atau moderator, penulis, penyaji makalah dan peserta. Pemandu atau moderator adalah orang yang akan mengatur jalannya seminar, sehingga semua keputusan ada di tangan moderator. Ketika ada salah satu diantara peserta yang mau bertanya, maka harus mendapatkan izim dari moderator, tidak sewenang-wenangnya kemudian menjawab.Sebaliknya juga, penyaji ketika mau menyampaikan atau menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh salah satu peserta, maka harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari moderator untuk menjawab pertanyaannya.Penulis atau notulis adalah orang yang menghasilkan notulen dari hasil seminar. Notulis akan menyampaikan hasil dari seminar, segala sesuatu yang sudah disepakati bersama. Notulis harus bisa dan mampu mencatat hasil seminar kemudian disampaikan atau dilaporkan kepada para peserta seminar.Dalam seminar harus ada seorang penyaji yang akan menyajikan atau menyampaikan secara detil terhadap para peserta tentang makalah atau tema yang diangkat pada seminar. Penyaji adalah seseorang yang bisa dikatakan mampu menyampaikan materi seminar, sehingga para peserta merasa puas terhadap acara seminar yang diadakan. Maka dari itu, harus mencari atau mendatangkan seorang penyaji yang memang benar-benar mampu dan berpengetahuan yang luas.Kegiatan seminar harus ada peserta seminar karena tidak cukup hanya mendatangkan penyaji dan dihadiri moderator, akan tetapi seminar harus dihadiri peserta.Sebab, penyaji akan menyajikan makalahnya dan disampaikan kepada peserta seminar. Peserta merupakan orang yang hadir dalam acara seminar selain dari penyaji dan moderator.Bisa juga dikatakan peserta adalah orang yang mendengarkan.Banyak dan sedikitnya peserta menyebabkan tidak sukses dan semaraknya acara, memang pada hakikatnya kesuksesan tidahlah bergantung kepada banyaknya peserta, tapi peserta sebagai penunjang terhadap jalannya acara.

2.      Unsur materi yang meliputi masalah, tema atau topik pembicaraan
Sebelum dilaksanakan sebuah seminar, terlebih dahulu harus mencari atau mendapatkan masalah, sehingga bisa dijadikan bahan diskusi pada kegiatan seminar.Masalah itulah kemudian diusung dan dibahas pada seminar.Tanpa mempunyai permasalahan, maka acara seminar tidak mungkin berjalan, karena tidak ada yang mau dibahas.Tema atau topik merupakan pokok kajian yang diusung pada kegiatan seminar.Tema didapat setelah menemukan permasalahan kemudian lebih difokuskan ke dalam bentuk tema. Tema sebagai roh permasalahan yang akan dibahas atau diurai secara mendalam. Makalah yang dibuat oleh penyaji setidaknya harus berkaitan dengan tema tidak boleh mengangkat makalah yang tidak ada kaitannya dengan tema.Sebab, tema salah satu topik yang sudah disepakati untuk dijadikan bahan diskusi.

3.      Unsur fasilitas
                  Meliputi ruangan, meja, kursi, alat-alat audiovisual, papan tulis, kertas dansebagainya.Kegiatan seminar    merupakan    kegiatan   dalam      bentuk resmi.Yang jelas membutuhkan ruangan yang sekiranya memadai terhadap semua yang hadir.Selain itu, membutuhkan meja dan kursi sebagai tempat duduk bagi penyaji juga peserta yang hanya membutuhkan kursi.Sebab, acara seminar kalau peserta dan penyajinya duduk dalam bentuk lesehan, maka kurang menarik acaranya. Apalagi memang tidak biasa seperti itu, beda dengan diskusi yang dibentuk tidak formal mungkin tidak masalah jika tidak menggunakan kursi dan meja. Yang penting ada tempat meski tidak dalam ruangan. Alat-alat audiovisual dan papan tulis dibutuhkan oleh penyaji dalam acara seminar, meskipun seringkali ketika acara resmi yang diadakan di gedung-gedung pertemuan resmi tidak menggunakan papan tulis, akan tetapi papan tulis digunakan ketika acara seminar yang diadakan di kelas oleh mahasiswa atau ketika seminar proposal bagi mahasiswa semester 7 atau 8. Namun, dua alat tersebut harus ada dan dipersiapkan sebelumnya, sehingga ketika penyaji membutuhkan alat tersebut tidak akan kebingungan.Untuk melaksanakan seminar tentu diperlukan persiapan. Persiapan tersebut harus menjawab pertanyaan siapa yang menjadi pelaksana seminar, siapa penyaji makalahnya, siapa pesertanya, apa materinya, dimana pelaksanaannya, dan fasilitas apasaja yang harus disediakan agar pelaksanaan seminar tersebut dapat berjalan dengan lancar. Sebelum melaksanakan seminar 

                   sebaiknyadibentuksebuahpanitiapelaksana yang dipimpin oleh seorang ketua, sekretaris dan bendahara ditambah dengan beberapa urusan atau seksi.Urusan atau seksi yang dibentuk haruslah sesuai dengan kebutuhan.Misalnya, harus ada seksi yang mengurus penggandaan makalah, surat-menyurat, tanda peserta, piagam atau tanda keikutsertaan.Demikian pula harus ada seksi yang mengurus fasilitas seminar seperti soal tempat, meja, kursi, papan tulis, alat-alat audiovisual, dan sebagainya.Jika seminar dilaksanakan lebih dari satu hari, perlu pula seksi yang mengurus akomodasi, transportasi, dankonsumsi.Agar pekerjaan panitia dapat berlangsung tertib dan lancar, maka panitia seminar harus dapat merumuskan tugas-tugas yang harus dikerjakan, dan siapa saja orang yang bertanggungjawab melaksanakannya. Tugas-tugas itu misalnya menyangkut soal siapa yang menghubungi penyaji makalah, tema apa yang disajikan, berapa biaya yang dibutuhkan dan dari mana sumbernya, siapa saja yang menjadi peserta dan apasaja kewajibannya, kapan dan dimana seminar dilaksanakan. Baik panitia mau punpenyaji hendak nya memperoleh gambaran unsur manusia yang terlibat di dalam seminar tersebut.Aktivitas untuk memperoleh gambaran itu penting agar mereka yang terlibat didalamnya mengetahui sifat dan sikap masing-masing.

Dalam pandangan lain, beberapa manfaat yang didapat pada kegiatan seminar, diantaranya:
a.  Melatih untuk bersikap demokratis.
b.  Melatih untuk bersik aptoleransi.
c.  Mengembangkan kepribadian.
d.  Sarana melatih berfikir lebih baik.
e.  Menambah pengetahuan dan pengalaman.
f.  Pengembangan kecendekiaan dan kreatifitas.

Dari beberapa manfaat yang sudah disebutkan diatas, maka seminar merupakan pokok kajian yang bisa dijadikan melatih diri kita untuk lebih kreatif dan berpengetahuan serta berpikir yang cemerlang.Seminar tidak hanya sebatas kegiatan yang bisa mengeluarkan uang banyak, tapi mampu menciptakan pemikiran yang lebih cerdas.






BAB III
PENUTUP



A. Simpulan
Seminar adalah kegiatan tukar pikiran antara satu orang dengan orang lain dengan bentuk diformat secara resmi, untuk menemukan sebuah jawaban dari permasalah yang ada. Kegiatan seminar yang jelas harus mendatangkan penyaji yang mempunyai pengetahuan yang lebih atau mampu menyampaikan penjelasan tentang tema seminar, sehingga para peserta puas terhadap penjelasan yang ada.Seminar dihadiri oleh penyaji dan peserta yang dalam pelaksaan berlangsungnya acara dipandu oleh moderator atau pembawaacara.Selama berlangsungnya seminar yang mempunyai hak mengatur berlangsungnya acara semuanya ada pada moderator.

Seminar mempunyai beberapa manfaat terhadap para pelaaksana seminar.Selain itu, seminar terdapat beberapa unsur yang mendukung berlangsungnya kegiatan seminar, baik unsur manusia, unsur materi dan unsur fasilitas. Tiga unsur tersebut harus ada dalam seminar, jika salah satu dari tiga unsur itu tidak ada, maka acara seminar tidak akan berjalan dengan lancar bisa saja tidak akan berjalan sama sekali. Seminar salah satu kagiatan resmi yang sering kali dilakukan oleh banyak orang, baik perguruan tinggi, lembaga lain, dan organisasi-organisasi.Seminar sebuah kajian yang mendatangkan seorang penyaji dan harus dihadiri oleh para peserta. Dengan kata lain kegiatan tukar pemikiran yang dibentuk dengan acara formal.


B. Saran
Makalah ini penulis buat dengan tema yang berkenanan denga seminar, penulis mencoba menguraikan hal-hal yang harus ada dan dipenuhi dalam kebutuhan kegiatan seminar. Barangkali apa yang penulis urau dalam makalah ini belum mencapai kesempurnaan, maka dari itu penulis mengharap kepada pembaca untuk menyempurnakan makalah ini sesuai dengan tema yang ada, sehingga mencapai kesempurnaan. Maka dari itulah, penulis tidak berhak membetulkan ataupun pemponis sempurna makalah ini, sebab masih banyak hal-hal yang perlu diperhatikan dalam makalah ini.






DAFTAR PUSTAKA

Seminar Kelas.2017.blogspot.comtugas-kelompok





EmoticonEmoticon