Tips dan trik menjadi programer pemula yang handal



Tips dan trik menjadi programer – Programer adalah seorang yang punya keahlian dalam membuat suatu program. Baik itu membuat dari awal maupun memodifikasi program yang sudah jadi. Di dunia kerja gaji untuk seorang programer di atas rata-rata pegawai lainnya. Semakin berpengalaman seorang programer semakin besar pula gaji yang di terimanya.

Tips dan trik menjadi programer

Selain menjadi pegawai, seorang programer juga bisa menjadi freelance menjual jasa pembuatan program. Begitu mengasikkan menjadi seorang programer. Di sini saya jabarkan tips dan trik menjadi programer.

Niat yang kuat

Menjadi programer yang handal membutuhkan mental baja yang kuat. Karena programer akan menghadapi banyak kendala, apalagi sebagai programer newbie. Tetapi jangan cemas karena seiring berjalan waktu, kita banyak belajar dari kendala tersebut. Bukankah pengalaman adalah guru yang paling baik.
Jika semangat mengendur, ingat kembali alasan anda ingin menjadi seorang programer.

Tentukan bahasa pemrogram

Tentukan bahasa pemrograman yang anda minati sehingga anda tidak terlalu merasa terbebani saat belajar. Jangan mempelajari lebih dari satu bahasa pemrograman sehingga anda fokus dalam belajar.
Fokus di satu bahasa pemrograman menjadikan kita terarah dalam belajar.

Jangan Copy Paste

Banyak tutorial website yang menyertakan kode program. Kita hanya copy paste kode tersebut dan langsung berjalan dengan mulusnya. Jangan lakukan itu, sebagai proramer pemula anda harus mengetik kode program, dengan mengetik kode program anda lebih memahami kode tersebut.
Copy paste salah satu ciri tidak kuatnya niat belajar.

Jangan menghafal

Kode program tidak harus di hafal tetapi harus di mengerti fungsi dari kode program tersebut.
Menghafal kode program tidak membuat anda menjadi programer yang handal.

Hafalkan kode program

Loh tadi katanya jangan menghafal tapi di sini di suruh menghafal kode program. Maksud saya di sini kita harus hafal kode program yang paling dasar yang sering digunakan. Contohnya kode koneksi ke database, betapa lucunya seorang programer tidak hafal dengan kode dasar membuat koneksi.

Ikuti forum

Ikuti forum karena di forum kita bisa mendapatkan informasi, bertanya dan tentu saja mendapatkan teman yang mungkin bisa membantu kita saat terjadi kendala saat membuat progrgam.
Forum yang aktif adalah forum yang berkualitas.

Rajin berlatih

Buatlah kasus sendiri dan buat programnya, ini dapat meningkatkan kemampuan anda.
Rajin berlatih adalah bentuk semangat dan usaha yang pantang menyerah.

Istirahat sejenak

Ada kalanya kita harus istirahat sejenak dari rutinis belajar program. Sehingga kita tidak jenuh dan bosan yang dapat mengendurkan semangat kita.

Berdoa

Rajin berlatih adalah usaha yang baik untuk menjadi programer, tetapi alangkah sempurna jika kita berdoa meminta kepada tuhan untuk dimudahkan menjadi seorang programer.
Berdoa adalah salah satu senjata kita dalam berusaha.
Jika anda mempunyai Tips menjadi programer pemula, berkomentar di bawah ini.
Programer bukan hanya membuat program semata tetapi harus bisa menganalisa kendala apa yang terjadi kedepan terhadap program yang di buatnya.

Sumber : Website Indonesia 


EmoticonEmoticon