Cara Mengubah Tampilan Blog ke Desain Website Menjadi Problog


Untuk masuk ke pengaturan tampilan dengan menekan tombol DESAIN yang ada pada halaman admin sehingga akan muncul tombol tata letak, template / tema desain,Kolom, Slideshow, Header,logo dan favicon seperti berikut:




















Tekan tombol TATA LETAK untuk memulai mengubah tampilan desain website sehingga muncul seperti gambar berikut:


Perlu diperhatikan pengaturan Header, Slideshow, Tema Desain dan Logo akan dibahas di sesi yang lain.
Module dapat ditambahkan di posisi manapun baik di Left Bar, Main Bar, Right bar maupun Bottom Bar

2. Untuk masuk ke halaman tambah module, klik tombol TAMBAH MODULE yang ada pada bagian tiap-tiap posisi module (Module dapat ditambahkan di posisi manapun baik di Left Bar, Main Bar, Right bar maupun Bottom Bar) sehingga terlihat seperti gambar dibawah ini : 



Ada banyak tipe module. Masing-masing memiliki tampilan form yang berbeda. Misalkan dipilih tipe module BANNER pada posisi RIGHTBAR. Tekan tombol LANJUT untuk masuk ke formulir selanjutnya. Berikut ini adalah tampilan formulir tambah module banner :

Keterangan :
  • Judul Module : Judul yang ditampilkan pada tiap-tiap module.
  • Urutan Module : mengatur urutan module pada posisi yang dipilih, dimenu tampilan ditunjukkan berupa angka.
  • Tampilkan Judul: pengaturan judul ditampilkan atau disembunyikan.
  • Tampilkan Module Di : pengaturan tampilan module pada halaman tertentu. Bisa di semua halaman, atau pada halaman tertentu saja, sesuai dengan kebutuhan tampilan website.
  • Akses Area Publik dan Member : pengaturan hak akses, apakah akan ditampilkan atau disembunyikan pada masing-masing pengguna.
  • URL : Link yang mengarah pada situs / halaman tertentu. Bisa internal link, maupun eksternal link.
  • Gambar : Gambar yang ditampilkan sebagai banner iklan.
Tekan tombol SIMPAN untuk menyimpan module, tekan tombol LIHAT WEB untuk melihat hasilnya.
3. Untuk mengubah module, Klik tombol UBAH pada module yang sudah ditentukan hingga terlihat tampilan seperti pada gambar dibawah ini :


Catatan : Perubahan isi dari module tidak semua dapat dilakukan pada fitur tampilan. Ada beberapa module seperti SLIDESHOW, LINK, DOWNLOAD, ARTIKEL, GALERI, dsb yang sifatnya relasi. Artinya penambahan, perubahan, dan penghapusan module, hanya dilakukan pada fitur MODUL, disesuaikan dengan tipe module yang digunakan.
 
4. Untuk Mengatur Urutan Module, dilakukan pada module di posisi yang ditentukan. Cara mengatur urutan module, tekan tombol NAIK atau TURUN dan lihat perubahan yang terjadi pada urutan module yang dipilih. 
 
 5. Untuk Menghapus dan Menyembunyikan Module dengan menekan tombol HAPUS atau SEMBUNYIKAN pada module yang akan dihapus atau disembunyikan seperti pada gambar diatas. 6. Untuk mengganti Icon Website, klik tombol Favicon pada menu Tampilan hingga terlihat tampilan sebagai berikut ini : 
 
 Klik tombol SIMPAN untuk menyimpan perubahan Icon Website. Anda bisa melihat di area public untuk melihat perubahan icon website:
 
 
Sumber : Programer Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon